Ciptakan Bangunan Kokoh dan Tahan Lamo Dengan Produk Semen Baturaja

Pembangunan di Indonesia sangat pesat, berbagai infrastruktur sekarang sudah begitu cepat proses pengembangan atau pembangunan nya. Tak hanya di kota besar saja, bahkan hingga tingkat desa sudah banyak dan begitu cepat. Pembangunan insfrastruktur jalan (jalan cor) dan bangunan-bangunan seperti sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintahan desa, dan lain sebagainya tentu sangat membutuhkan bahan bangunan yaitu semen. Di artikel kali ini saya coba mengulas salah satu produk semen yang diklaim kokoh dan tahan lama atau kalau istilah orang Palembang "tahan lamo".

Ciptakan Bangunan Kokoh dan Tahan Lamo Dengan Produk Semen Baturaja



Website PT. Semen Baturaja


Semen Baturaja

Untuk kalian yang baru pertama kali mendengar nama Semen Baturaja, yuk kenalan terlebih dahulu dengan PT. Semen Baturaja. Jika berbicara soal profil perusahaan tentu saya belum berani mengarang bebas, perlu adanya profil yang resmi, nah kebetulan saya mendapatkan informasi tersebut di halaman website PT. Semen Baturaja, berikut ini saya cantumkan satu paragraf untuk perkenalan dengan PT. Semen Baturaja:

Pada saat didirikan pada 14 November 1974, Perusahaan lahir dengan nama PT Semen Baturaja (Persero) dengan kepemilikan saham sebesar 45% dimiliki oleh PT Semen Gresik dan PT Semen Padang sebesar 55%. Lima tahun kemudian, pada tanggal 9 November 1979 Perusahaan berubah status dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) menjadi Persero dengan komposisi saham sebesar 88% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, PT Semen Padang sebesar 7% dan PT Semen Gresik sebesar 5%. Beberapa tahun kemudian yaitu pada tahun 1991, saham Perseroan diambil alih secara penuh oleh Pemerintah Republik Indonesia. Selanjutnya Perseroan terus mengalami perkembangan sehingga pada tanggal 14 Maret 2013 PT Semen Baturaja (Persero) mengalami perubahan status menjadi Perseroan terbuka dan berubah nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Untuk lebih mengenal detail perusahaan, silakan bisa berselancar langsung di website mereka, khususnya di halaman ini: https://semenbaturaja.co.id/profil-perusahaan/.

Produk Semen Baturaja

Bicara soal semen tentu kalian para pembaca di sini penasaran dengan produk yang diproduksi oleh PT. Semen Baturaja bukan? saya coba tuliskan di sini untuk menambah informasi tentang produk mereka, oke tak perlu panjang lebar langsung simak produknya di bawah ini:

1. Portland Composite Cement (PCC)

Produk Semen Baturaja - Portland Composite Cement (PCC)


Apa itu Portland Composite Cement? produk semen ini adalah semen yang biasanya digunakan untuk bangunan konstruksi contohnya bangunan perumahan, gedung bertingkat, jembatan, batako, paving block. Produk semen tersebut memenuhi kriteria SNI 7064 : 2014 yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan bangunan kontruksi.

2. Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I

Produk Semen Baturaja - opc tipe i

Produk yang ke dua adalah Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I, produk semen ini memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Apa keunggulan dari produk OPC Tipe I ini? keunggulan nya ialah cepat kering, memiliki daya rekat yang kuat, hasil adukan yang tidak mudah retak dan kekuatan tekan yang baik.

3. Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Produk semen Baturaja - Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Untuk produk semen baturaja yang selanjutnya ada Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II. Untuk produk ini sama seperti yang tipe I yaitu memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015, selain itu juga dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang (0.10 – 0.20%) & panas hidrasi bersifat sedang “Medium Resistance”.

4. Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Produk semen Baturaja - Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Untuk produk jenis ini hampir sama dengan produk sebelumnya, hanya saja keperuntukan nya yang berbeda. Untuk tipe V ini biasanya digunakan untuk bangunan konstruksi di bawah air, pelabuhan, terowongan, kawasan tambang, bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan project geothermal.

5. Baturaja Mortar

Produk semen Baturaja - Baturaja Mortar


Untuk produk selanjutnya ada produk bernama Baturaja Mortar. Produk ini terdiri dari 5 (lima) varian: perekat keramik, pasangan bata dan plesteran, pasangan bata ringan, acian abu-abu dan acian putih yang tersedia dalam kemasan zak 40 kilogram dan 25 kilogram.

Ciptakan Bangunan Kokoh

Salah satu yang paling penting dalam membuat bangunan adalah kualitas bahan bangunan. Tak lain tak bukan salah satunya adalah semen, oleh karena itu memilih semen yang berkualitas tentu menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah proyek pembangunan.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih semen yang bagus? Salah satunya adalah standar yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional. Untuk produk semen Baturaja ini sudah memiliki standar SNI 7064 : 2014 dan SNI 2049 : 2015. Dengan demikian, menggunakan produk semen Baturaja ini sudah memenuhi standar nasional untuk membuat bangunan.

Produk semen Baturaja ini di klaim kokoh dan tahan lama, namun perlu diingat bahwa penggunaan semen atau takaran nya perlu menggunakan standar yang disarankan. Sebagus apapun produk semen nya jika penggunaan nya tidak sesuai takaran saat proses pencampuran dengan material lain, maka tentu saja hasilnya tidak sempurna.

Penghargaan PT. Semen Baturaja

Oh iya, ngomongin soal Semen Baturaja, perusahaan ini sudah punya banyak penghargaan lho. Di bawah ini beberapa penghargaan yang bisa kalian simak:

Tahun 2019 - 2020

  • Program Penilian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Palembang dari Kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan RI Masa Berlaku: 1 Tahun.
  • Program Penilian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Baturaja dari Kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan RI Masa Berlaku: 1 Tahun.
  • Program Penilian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Panjang dari Kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan RI Masa Berlaku: 1 Tahun.

Tahun 2020

  • 7 Februari 2020: Penghargaan Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award V-2020 dari Economic Review.
  • 7 Februari 2020: Tanda Sah Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk Produk Terak/Klinker SMBR dari Kementerian Perindustrian RI Masa Berlaku: 6 Februari 2023
  • Tanda Sah Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk Semen Portland dari Kementerian Perindustrian RI Masa Berlaku: 6 Februari 2023.
  • 12 Februari 2020: Perusahaan Pembina K3 Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dari Pemenrintah Provinsi Sumatera Selatan.
  • 4 Maret 2020: BUMN Perfomance Excellence Award Tahun 2020 Emergin Industry Leader dari Tim Assesment Forum Ekselen BUMN.
  • 9 Agustus 2020: Penghargaan Top 3 The Most Valuable Company Award 2020 with Best 5-Months Stock Perfomance, Sub Sektor Semen dari Warta Ekonomi.
  • 17 September 2020: Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Kantor Pusat Pabrik Palembang REG.SMK3.2020.SUC.SK-2157 Kementerian Ketenagakerjaan RI Masa Berlaku: 17 September 2022.
  • Sertifikat Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pabrik Baturaja REG.SMK3.2020.SUC.SK-2156 Kementerian Ketenagakerjaan RI Masa Berlaku: 17 September 2022.
  • Sertifikat Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pabrik Panjang REG.SMK3.2020.SUC.SK-2158 Kementerian Ketenagakerjaan RI Masa Berlaku: 17 September 2022.
  • 8 Oktober 2020: Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2019 Zero AccidentPabrik Palembang dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.
  • Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2019 Zero Accident – Pabrik Panjang dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.
  • 27 November 2020: Penghargaan Indonesia Best BUMN Award 2020 Innovative BUMN Company for Developing Efficiency of Raw Materials and Energy dari Warta Ekonomi.
  • 4 Desember 2020: Penghargan ICONOMICS CSR Award 2020 Inisiatif Tanggap Darurat Covid-19 – Dukungan Kesehatan Medis Kategori Semen dari Iconomics.
  • 11 Desember 2020: SNI ISO 37001:2016 Divisi Corporate Secretary dan Divisi Procurement IAMBS 738282 dari BSI Group Indonesia Masa Berlaku: 11 Desember 2023.

Tahun 2021

  • 31 Mei 2021: The 12th IICD Corporate Governance Award 2021 Best Overall & Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company dari IICD (Indonesia Institute for Corporate Directorship).
  • 2 Juni 2021: Penghargaan SMSI Sahabat Pers dari SMSI (Serikat Media Siber Indonesia).
  • 7 Juli 2021: Mata Lokal Award 2021 BUMN PALING PEDULI LINGKUNGAN dari Tribun Sumsel.
  • 18 Agustus 2021: Juara II Lomba Dekorasi Rumah dan Lomba Kebersihan Kantor Kemerdekaan HUT Ke – 76 Republik Indonesia dari Gubernur Sumatera Selatan.
  • 30 Agustus 2021: Piagam Penghargaan sebagai Responden yang aktif memberikan data dalam kegiatan survei statistik industri manufaktur dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.
  • 28 Oktober 2021: Piagam Penghargaan sebagai Perusahaan yang Telah Bermitra Dengan Usaha Mikro Kecil Menengah di Provinsi Sumatera Selatan dari Gubernur Sumatera Selatan.
  • 18 November 2021: SNI AWARD 2021 Peringkat Perak dari Badan Standarisasi Nasional (BSN).
  • 19 November 2021: Indonesia Finance Award (IFA) – IV – 2021 GOLD AWARD dari Economic Review.
  • November 2021: 11 Penghargaan Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) XXV Tahun 2021: 2 Platinum Award, 8 Gold Award, dan 1 Silver Award.
  • 30 November 2021: Penghargaan Industri Hijau Tahun 2021 Level 5 Pabrik Baturaja dan Pabrik Palembang dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Tahun 2022

  • 25 Februari 2022: Penghargaan Platinum Award (Very Excellent) The Best IT for SOE’s Public Company IITA Award – IV – 2022 dari Economic Review.
  • 18 Maret 2022: Penghargaan Gold Award (Excellent) The Best Sales Marketing for SEO- Public Company ISMA Award – 5th – 2022 dari Economic Review.
  • 21 Maret 2022: Piagam Penghargaan Sebagai responden yang responsif memberikan data dalam Kegiatan Survei Statistik Industri Manufaktur Tahun 2022 dari Badan Statistik Republik Indonesia (BPS RI).
  • 27 Mei 2022: The 13th IICD Corporate Governance Award 2022 Best Owned Enterprise & Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company (Mid PLCs) dari IICD (Indonesia Institute for Corporate Directorship).

Selain yang tertulis di atas, masih banyak lagi yang belum saya tulis, mungkin juga dari PT. Semen Baturaja pun begitu, masih banyak lagi yang belum ter-update di website mereka. Keren kan penghargaan dan sertifikasinya banyak banget. Jadi kredibilitas mereka tak diragukan lagi dengan bukti sederet penghargaan dari tingkat provinsi maupun nasional.

Proses Produksi Semen Baturaja

Untuk membuat produk dengan jamina mutu yang tinggi, tentu membutuhkan tenaga ahli dan juga sistem yang canggih. Di PT. Semen Baturaja ini proses pembuatan produk semen ini melalui beberapa tahapan yang mungkin asing untuk kalian, yuk coba simak proses produksi yang ada di PT. Semen Baturaja.

Proses Produksi semen Baturaja
sumber gambar: website https://semenbaturaja.co.id/proses-produksi

Dari gambar di atas, banyak istilah yang belum kalian ketahui? atau justru sudah hafal diluar kepala? Untuk kalian yang belum mengerti istilah-istilah yang ada pada gambar di atas, yuk coba kenala satu per satu, biar tambah ilmu nya, juga biar bisa tau informasi tentang produk semen berkualitas yang dapat menciptakan bangunan kokoh dan tahan lamo seperti produk Semen Baturaja ini.

1. QUARRY

Yang pertama kita kenalan dengan kata QUARRY. Apa itu QUARRY? Secara singkat, pengertian quarry adalah lokasi penambangan. Untuk pembuatan semen Baturaja bahan baku utama nya adalah Batu Kapur dan Tanah Liat yang diambil dari proses penambangan di Quarry milik Perseroan.

Proses penambangan Batu Kapur biasanya dilakukan dengan cara peledakan dan Surface Minner. Sedangkan untuk memperoleh Tanah Liat dilakukan dengan cara pengerukan. Nah ketika sudah mendapatkan Batu Kapur dan Tanah liat, proses selanjutnya adalah diangkut ke Crusher dengan Dump Truck.

2. CRUSHER

Setelah tahap penambangan mendapatkan Batu Kapur dan Tanah liat, proses selanjutnya ada di tahap CRUSHER ini. CRUSHER ini biasanya menggunakan mesin, fungsinya adalah untuk menghancurkan Batu Kapur menjadi kecil sesuai dengan kebutuhan.

Di PT. Semen Baturaja ini Batu Kapur dan Tanah Liat dikecilkan ukurannya sampai 8 cm di Crusher untuk kemudian disimpan di Stock Pile (storage).

3. STORAGE

Untuk yang ke tiga ini tentu banyak yang sudah tau kan? storage itu berarti penyimpanan. Nah di PT. Semen Baturaja ini bahan baku yang didapat dari proses penambangan (Batu Kapur dan Tanah Liat) akan ditampung di dalam storage untuk selanjutnya dilakukan proses prehomogenisasi yang disebut reclaimer. Proses prehomogenisasi di reclaimer adalah proses yang sangat penting untuk menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan baik dari raw meal hingga produk akhir, yaitu semen.

Sebetulnya selain 3 istilah di atas masih banyak lagi, seperti RAW MILL, PEMANASAN DAN PEMBAKARAN (KILN), PENGGILINGAN CLINKER (CEMENT MILL), dan juga PENGANTONGAN SEMEN (PACKING PLANT). Nah kalian yang penasaran dengan istilah-istilah tersebut, langsung saja cek di website PT. Semen Baturaja yuk, di halaman ini teparnya: https://semenbaturaja.co.id/proses-produksi/

Nah setelah kalian membaca info di atas gimana? masih bingung cari produk semen untuk ciptakan bangunan kokoh dan tahan lamo? langsung saja cek produk semen Baturaja sekarang juga.

Ngomong-ngomong soal PT. Semen Baturaja, sedang ada Lomba Karya Tulis & Blog Competition lho. Ikutan yuk, cara nya bisa di simak di e-flyer berikut:

Lomba Karya Tulis & Blog Competition PT. Semen Baturaja


Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan kalian tentang tulisan yang ada di selamathariair.com ini, terima kasih sudah berkunjung ya

Lebih baru Lebih lama