Header Ads

Konser Ember Bulan Desember Sisir Tanah

SELAMATHARIAIR.COM - Mas Bagus Dwi Danto atau yang akrab dipanggil mas Danto dengan proyek musiknya bernama Sisir Tanah menggelar konser bertajuk "Ember Bulan Desember" di Frogstay Jogja, Senin 30 Desember 2019. Sebuah konser yang digarap sendiri bersama teman-teman Frogstay dan beberapa kawan yang sering nongkrong di sana, gelaran ini sukses menghipnotis para pengunjung. Konser Ember Bulan Desember adalah sebagai konser penutup tahun 2019, yang dijadikan sebagai moment untuk mengingat catatan-catatan pribadi Sisir Tanah.


Siapa itu Sisir Tanah?

Bagi sebagian orang mungkin masih asing mendengar dua kata tersebut, sisir yaitu alat untuk merapihkan rambut, sedangkan tanah adalah tempat dimana tumbuhan tumbuh dan juga konon katanya manusia terbuat dari tanah. Jadi apa maksud dari Sisir Tanah? Jika membuaka website profile Sisir Tanah, di sana ada penjelasan tentang nama tersebut, berikut saya kutip dari halaman sisisrtanah.com :
Nama Sisir Tanah diambil dari nama perkakas pertanian yang biasa dipakai untuk mengolah tanah, yakni garu. Bagi petani, garu berfungsi menghancurkan bongkahan tanah dan menggemburkannya sebelum ditanami. Sisir Tanah adalah padanan bahasa Indonesia untuk garu.
profil Sisir Tanah.
konser Ember Bulan Desember Sisir Tanah
konser Ember Bulan Desember Sisir Tanah

Sisir Tanah yang dimulai sejak tahun 2010 an ini baru saya dengar di sekitar tahun 2013-2014-an. Saya mendengar karya-karya Sisir Tanah di soundcloud, masih dengan rekaman sebelum rekaman album WOH. Hanya gitar dan suara vokal mas Danto saja yang ada di rekaman tersebut. Tempo yang digunakan juga menurut saya pribadi sedikit lebih cepat dibanding rekaman yang ada di album WOH. Saya pribadi lebih suka mendengar lagu-lagu Mas Danto dengan audio dan aransemen lama, terdengar sederhana namun megah. Ini hanya opini pribadi, mohon untuk tidak perlu diperdebatkan wahai netizen, hahahaaaa.

Soundtrack Film NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini)

Tahun 2019 setelah saya sudah beberapa kali bertegur sapa dengan Mas Danto, sudah saling kenal walaupun belum terlalu akrab, bahkan pernah sekali berkunjung ke rumahnya dan bertemu dengan "Damai", nama kucing yang ada di rumahnya. Tahun 2019 mendapat kabar kalau lagu berjudul "Lagu Pejalan" Sisir Tanah masuk sebagai salah satu soundtrack di film berjudul "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" tentu saja ikut merasa senang dan dalam hati spontan berkata "saya harus nonton film nya". Film ini rilis pada tanggal 2 Januari 2020, tepat tiga hari setelah konser Ember Bulan Desember digelar. Doa dalam hati saya didengar oleh-Nya, akhirnya tiket nonton film NKCTHI kami beli online, kenapa kami? ya, saya nonton bersama istri tersayang, ternyata secara diam-diam dia suka mendengarkan beberapa lagu Sisir Tanah, lagu favoritnya adalah Lagu Bahagia.

Lirik Lagu Pejalan Sisir Tanah

Siapakah kita ini, manusia
Yang dalam diam, riuh, ragu, dan tak mampu
Ada rahasia, tidak rahasia
Ada di sini ada di situ
Diseret-seret waktu

Kita berjalan saja masih, terus berjalan
Meskipun kita tak tau, brapa jauh, jalan ini nanti
Dan kita tak juga rela tunduk, pada jarak
Dan kita tak juga rela tunduk, pada jarak

Kita berjalan saja masih, slalu berjalan
Meskipun kita tak kunjung tau ujung jalan ini
Dan kita tak juga kan terhenti, slalu berjalan
Dan kuta tak juga kan terhenti, slalu berjalan

Bertahankah kita ini, manusia
Yang dalam riang, ringkih, rumit, dan terhimpit
Ada bahagia, tidak bahagia
Ada di sini ada di sana
Ditikam-tikam rasa

Kita berjalan saja masih, terus berjalan
Meskipun kita tak tau, brapa lama, jalan ini nanti
Dan kita tak juga rela tunduk pada jarak
Dan kita tak juga rela tunduk pada jarak

Kita berjalan saja masih, slalu berjalan
Meskipun kita tak kunjung, tau ujung jalan ini
Dan kita tak juga kan terhenti, slalu berjalan
Dan kita tak juga kan terhenti, slalu berjalan

Merekam Aksi - Ember Bulan Desember Sisir Tanah
Merekam Aksi - Ember Bulan Desember Sisir Tanah


Konser Ember Bulan Desember Sisir Tanah di Frogstay

Akhir tahun 2019 saya sering main ke Frogstay, ketemu Mas Malve, Mas Ipin, Mas Miftah dan beberapa kawan baru di sana. Suatu hari bersama Mas Malve dan Tutung (Menjelang Pagi), kami membuat live session untuk program kanal youtube IDJPICTURES yaitu #MEREKAMAKSI. Setelah video itu selesai, beberapa hari kemudian Mas Malve whatsapp yang intinya Mas Danto mau bikin acara konser tutup tahun, kalau bisa bantu dokumentasi video. Tanpa basa-basi langsung saya iya-kan.

Konser Ember Bulan Desember awalnya akan digelar pada 28 Desember 2019 namun ada sedikit perubahan yang akhirnya jatuh pada tanggal 30 Desember 2019. Di tanggal 29 kami latihan, menyiapkan semuanya untuk pertunjukan Ember Bulan Desember Sisir Tanah. Dibantu sepupu, namanya Damai, saya buat dokumentasi acara Ember Bulan Desember Sisir Tanah. Dengan bermodal dua kamera mirrorless dan sebuah audio recorder, terciptalah video berikut:

Semoga video tersebut dapat dinikmati, dengan persiapan yang begitu "dadakan" dan alat seadanya, semoga tetap bisa dinikmati. Ucapan terima kasih saya ucapkan ke Mas Danto dan Mas Malve yang sudah memberi ruang saya untuk mengeksplor hoby di dunia audio visual. Terima kasih semua yang terlibat di gelaran konser Ember Bulan Desember Sisir Tanah, terima kasih Rachma (istri saya) yang sudah mau ikut dan tidak rewel, terima kasih Damai untuk bantuannya, terima kasih Mas Kiki Bejo untuk hiburannya, lagu Mba Blonde, Mba Sri dan lain sebagainya sungguh menghibur, setelah ini akan saya edit videonya dan saya unggah di youtube IDJPICTURES. Pokoknya terima kasih semuanya yang tak bisa disebut satu per satu, konser Ember Bulan Desember semoga menjadi awal kegiatan, harapannya ke depan kita buat kegiatan lagi bersama.

2 komentar:

  1. artikel yang bagus dan penuh inspirasi

    BalasHapus
  2. maturnuwun sudah memberi apresiasi... terima kasih sudah berkenan mampir ke blog ini

    BalasHapus

Silakan tulis tanggapan kalian tentang tulisan yang ada di selamathariair.com ini, terima kasih sudah berkunjung ya

Diberdayakan oleh Blogger.