Header Ads

Cara Bikin Desinfektan Sendiri di Rumah

SELAMATHARIAIR.COM - Bulan Maret akhir hingga hari ini dimana saya menulis tulisan berjudul Cara Bikin Desinfektan Sendiri di Rumah, bisa dibilang ini sudah lebih dari dua minggu saya jarang keluar dari area kos. Sebagai perantau, dengan adanya pendemi covid-19 ini cukup sedih dan harus survive dengan keadaan. Salah satu yang saya lakukan adalah sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir (air kran), kemudian saya juga menyiapkan cairan desinfektan yang dibuat sendiri. Oke, saya ingin berbagi tips sederhana buat kalian para penghuni kos, atau kalian yang di rumah masing-masing, simak cara mudahnya di bawah ini.


Cara Bikin Desinfektan Sendiri di Rumah


Yang perlu kita siapakan di sini adalah air bersih, cairan pembersih lantai (contoh yang saya pakai: Wipol), kemudian semprotan (biasanya buat mandiin burung), dan sedikit pewangi (bisa pewangi cucian, bisa hand soap, bisa juga pewangi lantai). Oke, untuk langkah-langkahnya akan saya ulas perlahan. Berikut ini saya coba urutkan seperti yang pernah saya lakukan untuk proses pembuatan desinfektan sendiri, berikut ini bahan untuk membuat desinfektan:
  1. Beli wipol.
  2. Beli pewangi (pewangi cucian/hand soap/pewangi lantai), yang saya pilih hand soap, karena hand soap yang saya beli untuk kebutuhan harian cuci tangan.
  3. Beli semprotan air, semprotan air bisa dibeli di tempat jual pakan burung, atau dibeberapa supermarket juga menjualnya, harganya kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 tergantung dimana kita belinya.
  4. Langkah selanjutnya adalah takaran untuk bikin desinfektan sendiri dengan bahan yang ada, yaitu 500ml air bersih ditambah dengan 5 sendok makan cairan wipol, kemudian tambahkan kurang lebih 2-3 sendok pewangi.
wipol untuk bikin desinfektan sendiri di rumah
wipol

hand soap untuk tambahan cairan desinfektan
hand soap
semprotan air untuk cairan desinfektan
semprotan air

Cara penggunaan desinfektan di rumah


Cara penggunaan desinfektan tidak seperti yang viral di sosial media, yang harus disemprot ke seluruh tubuh bahkan hingga muka ikut disemprot. Desinfektan ini justru diusahakan tidak terkena bagian tubuh kita, penggunaannya adalah di beberapa tempat yang sering kita sentuh. Yang sering saya semprot dengan desinfektan adalah:
  1. Gagang pintu
  2. Meja komputer
  3. Saklar lampu
  4. Saklar kipas angin
  5. Bagian luar lemari
  6. Lantai, dan lain sebagainya.
Pokoknya semua permukaan barang yang sering dipegang, termasuk keyboard laptop dan handphone. Namun khusus untuk keyboard dan handphone saya gunakan antiseptic gel, bukan menggunakan cairan desinfektan buatan sendiri. Oh iya untuk penggunaan cairan desinfektan caranya semprotkan ke permukaan yang sudah saya tulis di atas, biarkan sekitar 3-5 menit, setelah itu lap dengan kain atau kanebo hingga bersih.


Tips Buat Kalian yang WFH (Work From Home)


Sebagai seorang yang sudah bertahun-tahun kerja freelance seperti saya, kerja dari rumah sudah tentu menjadi makanan sehari-hari, jadi tentu saja tidak kaget. Nah buat kalian temen-temen yang awalnya rutin ngantor namun sekarang harus WFH, beberapa tips berikut mungkin bisa membuat kerja kalian lebih nyaman.

Pilih Jam Kerja Seperti Jam Ngantor


Pertama yang perlu dicoba disiplin waktu, walaupun WFH silakan coba buat jam kerja kalian sama seperti jam ngantor, misal dari jam 08:00 hingga 16:00. Dengan sistem jam yang seperti jam ngantor tentu kalian akan merasa bahwa pekerjaan yang dikerjakan dari rumah hampir sama seperti ketika kamu mengerjakan di kantor.

Gunakan Tempat Khusus untuk Kerja


Ketika di rumah, pilih satu tempat yang dikhususkan untuk kerja sementara, misal siapkan satu meja khusus di kamar atau di ruang khusus, gunakan meja tersebut sebagai area privatemu untuk bekerja. Dengan demikian kamu akan merasa nyaman dan tanggungjawab bekerja seperti kamu sedang berada di meja kantor.

Mandi Sebelum Bekerja


Nah bagi yang WFH, mandi sebelum bekerja menurutku menjadikan mood buat kerja terjaga, karena jika tidak mandi maka serasa kita sedang di hari libur, jadi malas-malasan dan cepat merasa "kantuk", ini yang saya alami, sehingga mandi sebelum kerja seperti halnya kita mandi sebelum berangkat ngantor itu penting.

Tiga tips tersebut semoga membantu kalian untuk lebih nyaman kerja dari rumah, terima kasih untuk kalian semua yang sudah berkunjung ke blog selamathariair.com, semoga informasi singkat dan ringan ini bisa memberi sedikit perubahan untuk kita semua. Mari bersama-sama berdoa semoga keadaan lekas pulih, semoga wabah covid-19 atau corona ini segera usai.

Tidak ada komentar

Silakan tulis tanggapan kalian tentang tulisan yang ada di selamathariair.com ini, terima kasih sudah berkunjung ya

Diberdayakan oleh Blogger.