Header Ads

Cara Sukses Bisnis Online Untuk Pemula

SELAMATHARIAIR.COM - Kali ini judul tulisan Cara Sukses Bisnis Online Untuk Pemula mungkin sangat cocok buat kalian yang memang benar-benar masih nol, alias belum memulai bisnis online. Tulisan ini mungkin tidak cocok bagi kalian yang bisnis online nya sudah melejit dengan omset ratusan juta bahkan milyaran per bulan nya. Oke, cara sukses bisnis online yang saya tulis ini adalah beberapa rangkuman dari cerita pribadi dan cerita orang-orang terdekat saya yang berbisnis online. 


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula?

Pertanyaan ini tentu saja pertanyaan yang paling sering didengar. Mereka, termasuk saya pernah memiliki pertanyaan tersebut walaupun hanya di dalam hati saja. Pernah saya pribadi menanyakan hal tersebut pada diri sendiri, yang akhirnya pertanyaan itu harus dijawab dengan cara "mencoba". Ya, mencoba! karena sebaik-baiknya ide, sematang apapun konsep, kalau tidak dicoba alias di eksekusi ya nihil hasilnya.

Jadi yang pertama kali perlu dilakukan bagi para pemula untuk memulai bisnis online adalah dengan cara mencoba. Mencoba bisa dalam bentuk apapun, bagi kalian yang tidak punya modal, tentu saja muncul pertanyaan lagi yaitu, gimana cara bisnis online tanpa modal? Kemudian muncul pertanyaan-pertanyaan selanjutnya hingga cara pertama dilupakan, yaitu mencoba. Padahal point paling penting adalah mencoba.

Mencoba Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Oke, sekarang saya mau mulai bercerita sedikit tentang pengalaman pribadi saya di bisnis online. Ini saya lakukan pada tahun 2012 ketika masih dalam status "pelajar/mahasiswa". Hidup di perantauan membuat saya harus berfikir bagaimana cara mendapatkan penghasilan untuk bisa membeli barang-barang yang di inignkan seperti HP, Kamera, Laptop, dan lain sebagainya. Oke, waktu itu saya mulai dengan jualan rambut gimbal.

Sepertinya sulit dipercaya dan cukup aneh ya? jualan kok rambut gimbal? Tapi ini benar-benar terjadi. Awalnya adalah saya bertemu dengan seseorang bernama Mas Kempung, beliau adalah pengrajin (pembuat) rambut gimbal sambung, atau istilah keren nya dreadlocks extension. Produksi rambut gimbal tersebut bertempat di Kota Jogja. Jogja tentu identik dengan kota pelajar dan kota kesenian, maka tak heran kalau industri kreatif (kerajinan) lahir di kota pelajar ini, salah satunya ya pengrajin rambut gimbal sambung ini. Nama usahanya adalah Djimbe Art, usaha pembuatan rambut gimbal ini tentu saja membutuhkan yang namanya promosi atau istilah keren nya marketing. Nah di sini peran saya pertama kalinya memulai bisnis online yaitu menjadi marketing di Djimbe Art.
Rambut Gimbal Ras Muhamad
Pernah juga benerin gimbal Ras Muhamad di Djimbe Art

Cara Sukses Bisnis Online Untuk Pemula - jual rambut gimbal
rambut gimbal sambung yang diproduksi oleh Djimbe Art

Di Djimbe Art ini saya mencari konsumen secara daring (online) yaitu dengan cara share/posting di group facebook, kemudian nge-tweet, dan juga bikin blog. Promosi kesana-kemari, posting secara rutin yang akhirnya banyak orang menanyakan produk rambut gimbal sambung tersebut ke nomor dan BBM (Blackberry Messanger). Anak sekarang mungkin sudah ga tau ya BBM, soalnya sudah tergantikan Whatsapp, Line, dan Telegram, heheheee.

Menjadi marketing tersebut tentunya saya tidak modal uang cash. Jadi modal yang saya keluarkan adalah paket data, waktu, dan ide (menulis iklan, atau kalau mau lebih dianggep keren ya istilahnya copywriting). Jadi setiap ada yang pesan rambut gimbal terebut, saya dapet komisi sekian persen, dan alhamdulillah setelah berjalan beberapa tahun semakin lancar dan semakin banyak pesanan.

Dari pengalaman pribadi saya ini mungkin bisa dijadikan referensi atau gambaran untuk kalian yang ingin memulai bisnis online tanpa modal. Tanpa modal di sini yang dimaksud adalah tanpa modal uang cash lho ya! karena seperti yang sudah saya tulis di atas kalau saya modal paket data, waktu, dan ide. Jadi tetep ada modal dong! enak aja pengin dapet sesuatu gak modal, hahahaaa.

Sosial Media Sebagai Alat Sukses Berbisnis Online

Sosial media ada kalanya berpengaruh negatif, dimana seseorang menjadi kecanduan di sosial media, menjadi seseorang yang justru kurang bersosialisasi di dunia nyata. Namun sebetulnya sosial media ini bisa menjadi sesuatu yang begitu positif dan punya energi yang besar untuk memulai sebuah bisnis online bagi para pemula. Tentu berbisnis tanpa modal cash, hanya bermodal quota internet untuk mengelola sosial media dengan baik.

Di zaman seperti sekarang ini, berbisnis hanya menggunakan sosial media sangatlah mungkin dan banyak sekali contohnya. Oke, sekarang saya contohkan salah satu usah yang sukses menembus pasar lokal, nasional bahkan sudah memiliki pembeli dari luar negeri. Sebut saja SPD Speedometer dan Gearsecond Speedometer. Sebuah produsen speedometer custom yang lagi-lagi lahir di sebuah kota pelajar yaitu Jogja. SPD & Gearsecond ini lahir di Jogja yang produknya kini sudah sampai Malaysia, Thailand dan beberapa negara lainnya. 

SPD Speedometer ini memanfaatkan sosial media untuk bisnis online yang mereka tekuni. Dengan konsisten mengunggah konten di akun instagramnya yaitu @spd_speedometer dan @gearsecond_speedometer akhirnya bisnis mereka bisa besar seperti sekarang ini.
produsen speedometer custom jogja
akun sosial media SPD Speedometer


Rahasia Sukses Bisnis Online Menggunakan Website

Oke, setelah memulai untuk belajar atau mencoba bisnis online tanpa modal tentu saja kita semua akan ada di tahap scale up. Kalau istilah para pelaku UMKM katanya "waktunya UMKM naik kelas", heheheeee. Salah satu upaya untuk scale up atau naik kelas di sini adalah bisnis online dengan menggunakan website. Di fase ini sepertinya sudah bisa dibilang kalian sudah melewati tahap pemula, selamat datang di level pembisnis online yang mengengah, hampir menjadi pembisnis online yang pro, heheheee.

Website tentu menjadi senjata para pelaku bisnis online, dimana mereka memasarkan, membuat branding dan berinteraksi dengan konsumen melalui website. Jadi website menjadi rahasia sukses bisnis online bagi para pelaku bisnis.

Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis Online?

Jadi begini, untuk membuat website kita bisa breakdown secara singkat yaitu membutuhkan beberapa point, diantaranya adalah:
  1. Domain
  2. Hosting
  3. Konten
Tiga point tersebut mungkin secara umum bisa dikatakan sebagai modal utama membuat website untuk bisnis online. Jika kita ingin bahas detail satu per satu, maka kita mulai dari yang pertama yaitu domian.

Domain

Apa itu domain? domain adalah alamat atau lebih mudahnya adalah nama yang akan kita gunakan sebagai alamat kita di internet, contohnya selamathariair.com. Domain yang saya punya adalah selamathariair, kemudia .com adalah ekstensi domain, tidak perlu saya terangkan secara lengkap, nanti butuh 4 sks lebih kalau mau dikupas tuntas. Mungkin kalau saya ada waktu luang saya bikin tulisan di postingan selanjutnya deh.

Lalu bagaimana cara membeli domain? Ya tentu saja dengan mendapatkannya atau membelinya di penyedia layanan penjualan domaind dan hosting, di Indonesia buaaaaanyaaaaaakkk sekali yang jual, tidak perlu khawatir.

Hosting

Yang kedua adalah hosting, jadi kalau domain adalah alamat, kemudian hosting ini sebagai tempat penyimpanan atau boleh kita analogikan sebagai gudang. Jadi data website seperti tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya disimpan di gudang atau hosting tersebut. Lalu bagaimana cara beli hosting? Tentu saja dengan cara membeli di salah satu penyedia hosting yang ada, contohnya adalah MasterWeb. MasterWeb ini merupakan penyedia layanan Hosting murah Indonesia yang digunakan beberapa pelaku bisnis online. Beberapa testimoni para penggunanya, MasterWeb ini merupakan penyedia Hosting bisnis terbaik kerna menyediakan paket hosting khusus yang mereka beri nama Hosting Bisnis.

"Maksimalkan bisnis Anda menggunakan Hosting Bisnis dengan pilihan paket Hosting yang beragam sesuai kebutuhan bisnis Anda. Akses cepat, mudah digunakan, Kapasitas penyimpanan yang super besar hingga unlimited dan gratis SSL!" kalimat tersebut ada di website mereka yang menunjukan informasi tentang paket hosting bisnis yang ditawarkan.

Konten

Yang ketiga adalah konten. Konten disini tentu menjadi penentu yang akan membuat calon konsumen tertarik dengan bisnis yang kita tawarkan. Oh iya sebelum ngomongin konten pastinya kalau ngomongin soal website ya sudah pasti ngomongin cara membuat website atau cara setting website. Nah untuk kalian yang malas atau kurang punya waktu buat ngulik cara membuat website, serahkan saja pada jasa pembuatan website terpercaya, kalau bingung cari jasa pembuatan website yang terpercaya, hubungi saja saya, heheehehee promosi nih.

Sepertinya tulisan saya kali ini sudah terlalu panjang, nanti kalian keterusan baca justru waktu kalian habis dan gak jadi memulai bisnis online. Mending sekarang kalian mulai mencoba melakukan atau prakterk berbisnis online. Kalian bisa memulai seperti yang saya ceritakan di atas. Atau kalau kalian sudah punya modal, langsung saja bikin website untuk menjalankan bisnis online kalian. Saya tunggu komentar kalian ya, saya harap kalian komen di bawah setelah kalian mulai menjalankan bisnis online. Saya sangat terharu jika suatu saat nanti ada komen seperti ini: kak, terima kasih ya, berkat tulisan kakak, saya sekarang sudah punya bisnis online dan alhamdulillah sudah punya 100 karyawan dan omsetnya sudah milyaran.

Baca Juga: Dreadlocks Extention for Sale Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang Cara Sukses Bisnis Online Untuk Pemula, sampai bertemu di tulisan-tulisan berikutnya. Silakan baca tulisan lain di blog selamathariair.com ini, terima kasih.

4 komentar:

  1. Gak kepikiran banget ternyata rambut gimbal bisa dijadiin bisnis ya. manthap jiwa.

    barangkali butuh ide usaha sampingan bisa berkinjung ke blog saya >>
    usaha sampingan modal kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. semacam pemanfaatan barang bekas...
      Pak Jujun bisnis kopi nya jalan terus kan?


      siap mampir ke blog serbabisnis

      Hapus
  2. Balasan
    1. wah maturnuwun sudah mampir mas... heheheeee... backlink sudah terpasang mas di sini: https://www.selamathariair.com/p/link.html

      Hapus

Silakan tulis tanggapan kalian tentang tulisan yang ada di selamathariair.com ini, terima kasih sudah berkunjung ya

Diberdayakan oleh Blogger.