Header Ads

Kelebihan Memakai CMS Wordpress

Selamat datang di blog Selamat Hari Air, sebuah blog pribadi yang di dalamnya berisi beberapa curhatan, dokumentasi acara, hingga tips atau tutorial seputar blogging atau internet marketing. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi cerita tentang Kelebihan Memakai CMS Wordpress yang pernah saya coba gunakan di blog atau website lain selain selamathariair.com ini. Sebelum membahas detail tentang beberapa kelebihan CMS wordpress, mungkin teman-teman pembaca di sini masih asing dengan kata CMS. Mungkin saya coba buat sedikit singkat penjelasan tentang CMS ya.

Kelebihan Memakai CMS Wordpress


CMS adalah?

CMS adalah akronim dari Content Management System, yang mana fungsinya adalah untuk management content. Management content di sini berarti si CMS ini bisa untuk memanage konten baik itu teks, gambar, video, atau file, untuk ditampilkan di internet. Singkat ceritanya seperti itu, untuk deskripsi yang secara harfiah tentang CMS temen-temen bisa googling saja.

Apa saja CMS yang sering dipakai?

Banyak sekali CMS yang cukup familiar dan sering dipakai oleh temen-temen blogger atau website developer, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Prestashop
  • Drupal
  • Joomla
  • Aura CMS
  • Magento
  • OpenCart
  • Moodle
  • WordPress
Dari beberapa CMS yang ada di atas, salah satu yang paling banyak penggunanya adalah Wordpress. Mengapa banyak pengguna wordpress? karena kelebihan memakai CMS wordpress sudah dibuktikan oleh banyak pengguna.

Kelebihan Memakai CMS Wordpress

Beberapa kelebihan memakai wordpress yang pernah saya rasakan cukuplah banyak, mungkin perlu saya breakdown untuk mempermudah temen-temen di sini memahaminya. Oh iya, di tulisan ini saya hanya ingin berbagi pengalaman yang pernah saya alami, bukan bermaksud untuk menggurui temen-temen semua. Yang saya tulis di sini tentu saja opini yang mungkin bisa menjadi bahan diskusi. Saya sangat terbuka apabila temen-temen blogger lain ingin berdiskusi di kolom komentar, mungkin ada yang ingin menambahkan informasi tentang kelebihan menggunakan CMS wordpress atau bahkan ada yang ingin membantahnya, pokoknya saya terbuka untuk berdiskusi. Langsung saja saya tulis beberapa kelebihan memakai CMS Wordpress berikut ini.

Banyak Sekali Plugin di CMS Wordpress

Yang pertama adalah banyak sekali plugin di CMS wordpress, hal ini tentu saja menjadi point penting mengapa CMS Wordpress menjadi CMS yang favorit bagi para blogger atau bahkan online seller. Oke, kenapa saya menyebut online seller di sini? karena di Wordpress ada plugin yang bisa menjadikan wordpress sebagai toko online, hal ini yang saya lakukan ketika membuat website untuk salah satu online seller yaitu Gearsecond Speedometer (klik untuk melihat websitenya, saya menggunakan CMS Wordpress dan plugin WooComerce).

Menggunakan CMS Wordpress Mudah di Index Google

Yang saya alami saat menggunakan CMS Wordpress adalah artikel yang dibuat cepat ter-index google. Kenapa demikian? tentu saja dengan adanya plugin yang membantu artikel mudah ter-index di google. Plugin yang saya gunakan adalah Yoast Seo, plugin ini bisa dibilang plugin wordpress andalan yang membantu artikel kita cepat di index mesin pencari google.

Membuat Website Toko Online Mudah Menggunakan CMS Wordpress

Untuk kalian yang berniat membuat toko online untuk usaha kalian, CMS Wordpress bisa menjadi solusinya. Sebelumnya saya pernah juga menggunakan prestashop dan joomla, namun wordpress lah menjadi pilihan bagi saya karena kemudahan yang ditawarkan oleh mereka. Untuk management produk saya menggunakan plugin bernama WooComerce, plugin ini sangatlah mudah digunakan, kalau tidak percaya silakan buktikan sendiri. Dari beberapa point yang saya sebut tadi, point pertama sangatlah menjadi unggulan, dimana plugin yang kompatibel dengan CMS Wordpress sangatlah membantu kita untuk membuat blog atau website sesuai dengan kemauan kita.

Membuat Tampilan Website Sanagat Mudah Menggunakan CMS Wordpress

Lagi-lagi yang menjadikan andalan adalah plugin, dimana saya bisa merubah tampilan halaman blog atau website di Wordpress menggunakan plugin elementor. Plugin ini memudahkan saya untuk membuat tampilan website sesuai keinginan, tidak perlu jago coding, elementor sangatlah memanjakan kita. Pokoknya wordpress adalah CMS terbaik sepanjang ini menurut pengalaman pribadi saya, kalau ada yang kurang sependapat boleh dong share di kolom komentar, kenapa kurang sependapat? adakah rekomendasi CMS lain yang lebih oke?

Setelah saya tulis beberapa kelebihan memakai CMS Wordpress, hampir saja saya lupa untuk berbagi info yang sangat penting, dimana plugin yang lengkap hanya bisa digunakan untuk wordpress yang menggunakan hosting. Jadi jika kalian masih menggunakan subdomain dari wordpress misal bloggerjelek.wordpress.com maka plugin-plugin keren yang ada tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Solusinya adalah berlangganan hosting dan beli top level domain untuk blog atau website kalian. Salah satu rekomendasi hosting Indonesia untuk Wordpress adalah DOMAINESIA. Untuk harga hosting yang ditawarkan bisa dibilang sangat terjangkau untuk kantong-kantong masyarakat Indonesia. Harga mulai Rp. 32.000,- per bulan, dengan fitur yang oke dan GRATIS domain, gimana? sangat terjangkau bukan?

Kelebihan memakai CMS Wordpress

Tunggu apa lagi, langsung saja cek di website domainesia.com dan nikmati beberapa produk unggulan yang ada pada website mereka. Hosting juga merupakan salah satu pendukung untuk website kita mudah di index google, jadi jangan sembarangan menggunakan hosting yang belum terpercaya, untuk domainesia.com ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak yang menggunakan dan membuktikannya. Kalian kapan mau berlangganan hosting di domainesia.com ?

Tidak ada komentar

Silakan tulis tanggapan kalian tentang tulisan yang ada di selamathariair.com ini, terima kasih sudah berkunjung ya

Diberdayakan oleh Blogger.